Akademik

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.

Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran, dan evaluasi.

Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Kompetensi Utama Lulusan

1. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Indonesia secara aktif, tangguh, dan santun yang didukung penguasaan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dengan unsur kosakata, gramatika, pragmatik, dan budaya yang tepat.

2. Mampu menyelenggarakan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dengan menggunakan strategi yang inovatif, teknologi mutakhir, dan suasana yang demokratis.

3. Mampu memberikan pelatihan bahasa dan sastra Indonesia dengan menggunakan pendekatan inovatif dan teknologi mutakhir yang berwawasan budaya dan menjunjung tinggi nilai nasionalisme.

4. Mampu dengan cerdas memberikan bimbingan dalam pembelajaran dan penggunaan bahasa Indonesia.

5. Mampu menjadi model bagi pembelajar sebagai warga negara yang religius, toleran, dan bertanggung jawab

 

Kompetensi Pendukung Lulusan

1. Mampu menulis dan menyunting naskah jurnalisme berbahasa Indonesia berdasarkan nilai nasionalisme.

2. Mampu meneliti bahasa, sastra, dan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan nilai tanggung jawab dan nasionalisme.

3.  Mampu menjadi pewara yang santun dan komunikatif..

4. Mampu menjadi wartawan yang santun, bertanggung jawab, dan kreatif.

 

Kompetensi Pilihan

1. Mampu mengaplikasikan wahana Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas/peranannya.

2. Mampu menjadi wirausahawan yang santun, jujur, mandiri, ulet, kreatif, dan bertanggung jawab.

Catatan:
Pengertian tentang kompetensi utama, pendukung, dan lainnya dapat dilihat pada Kepmendiknas No. 045/2002.