Konferensi Bahasa dan Sastra Tawarkan Solusi Masalah Literasi

Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) Prof Dr Fathur Rokhman MHum mengapresiasi penyelenggaraan Konferensi Bahasa dan Sastra II yang diselenggarakan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Tema “Membangun Budaya Literasi” dalam konferensi itu, menurutnya, relevan dengan tantangan masyarakat saat ini.

Berbagai survei, baik yang dilakukan lembaga nasional maupun internasional, menunjukkan kemampuan literasi masyarakat Indonesia masih rendah. Kondisi demikian membawa sejumlah konskuensi turuan.

Literasi yang rendah menyebabkan distribusi pengetahuan tidak progresif, produktivitas rendah, bahkan dalam banyak kasus juga menyebabkan hubungan sosial menjadi tegang akibat beredarnya berita bohong (hoaks).

Rektor berharap, melalui forum ini akan muncul perspektif keilmuan baru yang dapat menopang suksesnya program literasi, baik program yang sedang berjalan maupun program yang baru direncanakan. Lebih lanjut, forum ini diharapkan menawarkan solusi bagi masalah literasi di Indonesia.

Kajian yang dihasilkan melalui forum KBS II diharapkan dapat menjadi panduan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program literasi.

Leave a Reply