Mahasiswa BSI Juarai Lomba Baca Puisi dan Tulis Esai

Departemen Bahasa dan Seni, HIMA Bahasa dan Sastra Indonesia kembali menyelenggarakan acara tahunan yakni, Semarak Indonesia. Kegiatan dimulai dengan pembukaan pendaftaran lomba esai mahasiswa dan baca puisi tingkat Nasional (24/9).

Lomba baca puisi dilaksanakan Sabtu (28/10) di Gedung B1, Ruang 106. Sebanyak 133 pendaftar membacakan puisi di depan tiga juri yakni, Timur Sinar Suprabana, Agoes Dhewa, dan Aslam Kusatyo. Dari hasil penilaian juri didapatkan tiga pemenang yakni, Harizkha Valentine dari Universitas Gajah Mada (Juara I), Faoziah Arumi dari Universitas Negeri Semarang (Juara II), serta Muhammad Syukron Mubarok dari Universitas Negeri Islam Walisongo (Juara III).

Dihari yang sama, sebanyak 10 finalis dari 46 peserta pendaftar mempresentasikan esainya di Gedung B1, Ruang 106. Dari sepuluh finalis tersebut kemudian dipilih tiga peserta sebagai juara. Arum Yuliya Lestari dari Universitas Negeri Semarang (Juara I), Meri Juliana dari UPN Veteran Yogyakarta (Juara II), dan Hilmatun Nafis dari UIN Walisongo (Juara III). Perlombaan dipimpin oleh tiga dewan juri yakni, Saroni Asikin, Meina Febriyani, serta Diana (Unisbank).

Ratna Dewi Indriyani, mahasiswa BSI semester 5, selaku ketua panitia mengajak seluruh mahasiswa, khususnya BSI untuk terus mengeksistensikan bahasa Indonesia dari diri sendiri, lingkungan, nasional, hingga internasional.

Selain lomba baca puisi dan esai, Semarak Indonesia juga dimeriahkan dengan Gelar Karya Seni Sastra yang akan diadakan Sabtu (5/10), di Kampung Budaya. (Ponco/zigzag)

Leave a Reply