LINGUATERA

PETUNJUK PENULISAN ARTIKEL JURNAL LINGUA-TERA

1.    Artikel harus asli dan belum pernah dipublikasikan di media lain. Artikel berupa hasil penelitian di bidang bahasa, sastra, dan pengajarannya, serta hasil telaah atau konseptual (hanya atas undangan dari redaksi).

2.    Ketentuan penulisan dan pengiriman artikel

a.   Artikel ditulis dengan format MS Word, huruf Times New Roman 12, spasi 1,5.

b.   Artikel dicetak pada kertas A4, panjang tulisan maksimal 10-15 halaman termasuk daftar pustaka dan lampiran.

c.   Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

d.   Artikel dikirim dalam bentuk print-out sebanyak 2 eksemplar beserta soft copy (CD). Pengiriman naskah dapat dilakukan via Pos ke alamat redaksi jurnal LINGUA-TERA, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Gd B1, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang 50229 atau dikirim via email: jlinguatera@yahoo.com atau linguatera@gmail.com

e.   Kepastian pemuatan artikel diberitahukan melalui pos atau email. Artikel yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan.

3.    Ketentuan dan sistematika penulisan artikel hasil penelitian

a.   Judul artikel; tidak lebih dari 14 kata (artikel bahasa Indonesia) dan 12 kata (dalam bahasa Inggris), huruf kapital, huruf 14pt.

b.   Nama penulis; dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai lembaga asal dan email, dan ditempatkan di bawah judul artikel.

c.   Abstrak dan kata kunci; di tulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 75 kata, jumlah kata kunci 3-5 kata, dalam satu alinea berisi pengantar, tujuan, metode, dan hasil penelitian.

d.   Pendahuluan; berisi latar belakang, permasalahan, tujuan, dan kajian pustaka. Panjang 15-20% dari panjang keseluruhan artikel.

e.   Metode; berisi rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data. Panjang 10-15% dari panjang keseluruhan artikel.

f.    Hasil dan pembahasan; berisi paparan hasil terkait permasalahan penelitian. Panjang 40-60% dari panjang keseluruhan artikel.

g.   Penutup; berisi simpulan dan saran.

h.   Daftar rujukan; menggunakan teknik rujukan berkurung (nama akhir, tahun).  Adapun sumber pada kutipan langsung disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan, contoh (Handoko 2009:20).

4.    Sistematika penulisan artikel hasil telaah (artikel konseptual) ialah judul, nama penulis, abstrak disertai kata kunci, pendahuluan (latar belakang, tujuan, kajian pustaka), sub-sub judul (isi dan jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan), penutup (simpulan dan saran), dan daftar rujukan.

5.    Daftar rujukan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk dalam artikel dan diutamakan bersumber dari jurnal dan ditulis secara alfabetis dan kronologis.