Pelayanan Bidang Kemahasiswaan

No.

Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa

Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya

(1)

(2)

(3)

1

Bimbingan dan konseling

Bentuk Kegiatan:
Pelayanan Bimbingan dan Konseling mahasiswa berupa bimbingan akademik dapat dilakukan secara online melalui program Sikadu (Sistem Akademik Terpadu) dan tatap muka dengan dosen wali. Kegiatan yang dilakukan berupa bimbingan perencanaan pengambilan mata kuliah, bimbingan peningkatan motivasi belajar, pengarahan keaktifan organisasi atau kegiatan ekstrakurikuler internal dan eksternal kampus, diskusi dan pemecahan masalah akademik mahasiswa, dan lain-lain.

Pelaksanaan:
Jadwal dan agenda bimbingan dan konseling dilakukan secara terjadwal atau insidental dengan kesepakatan bersama. Pembimbingan dilakukan minimal 2 kali dalam 1 semester. Tempat pelaksanaan pembimbingan disepakati bersama. Pembimbingan dapat bersifat formal maupun nonformal, disesuaikan dengan materi bimbingan.

Hasil:
Pembimbingan dan konseling yang dilakukan secara rutin memberi dampak positif bagi mahasiswa, antara lain pengambilan mata kuliah yang sesuai dengan kurikulum jurusan, keaktifan mahasiswa dalam berbagai UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), pemberian solusi atas berbagai masalah yang dihadapi mahasiswa, dan lain-lain.

2

Minat dan bakat (ekstrakurikuler)

Bentuk Kegiatan:

  1. Teater SS: Pementasan teater, monolog, drama musikal, dan pembacaan puisi.
  2. UKM Pecinta Sastra Cakra: Kegiatan musikalisasi puisi, pembacaan puisi, pemutaran film, latihan alam, dan penulisan kreatif.
  3. Ling Art: Penyelenggaraan Workshop Program Kreativitas Mahasiswa, Ling Art Writing Class, Ling Art Essay Competition, kencan ilmiah, dan Ling Art Scientific Day.
  4. Kalimasada: pengajian ahad pagi, kajian-kajian sore, seminar keagamaan, kegiatan bulan ramadhan.
  5. Kewirausahaan Widya Karya mencakupi pelatihan dan praktik kewirausahaan.

Pelaksanaan:
Latihan dan pertemuan rutin 1-2 kali seminggu dengan jadwal dan tempat yang berbeda-beda sesuai dengan kesepakatan.

Hasil:

  1. Pementasan rutin bulan purnama tiga kali dalam sebulan, pementasan monolog, pementasan drama musikal, mengikuti Forum Komunitas Teater Semarang (Foktas) pementasan buka puisi dilaksanakan selama bulan puasa menjelang buka puasa, dan pementasan berdasarkan undangan dari berbagai pihak.
  2. Pementasan musikalisasi puisi, peringatan bulan Chairil Anwar, road show pergelaran, pembacaan puisi, novel dan buku antologi puisi.
  3. Penyusunan draft proposal PKM 5 Bidang (Penelitian, Kewirausahaan, Pengabdian kepada Masyarakat, Teknologi, Cipta Karsa) dan 2 Bidang, proposal hasil Ling Art Writing Class, peserta Ling Art Essay Competition, kencan ilmiah secara rutin 2x dalam sebulan, dan Ling Art Scientific Day.
  4. Tutorial ahad pagi, Kajian keagamaan kamis sore, penyelenggaraan seminar keagamaan setiap bulan sekali baik seminar lokal, regional, maupun nasional, serta penyelenggaraan lomba pada bulan ramadhan (kaligrafi, dakwah, rebana, dll).

3

Pembinaan soft skills

Bentuk Kegiatan:
Pelatihan dalam rangka pembinaan soft skill bagi mahasiswa dalam bidang jurnalistik, penulisan karya ilmiah, kewirausahaan, kepemimpinan, seni, kepewaraan, dan lain-lain.

Pelaksanaan:
Bersamaan dengan agenda dialog jurusan yang diadakan oleh himpunan mahasiswa jurusan setiap semester dan kegiatan yang diselenggarakan oleh unit kegiatan masing-masing bidang.

Hasil:
Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang soft skill berbagai bidang. Mahasiswa terbaik dari hasil pelatihan ditindaklanjuti dengan keikutsertaan dalam berbagai lomba atau ajang yang sesuai.

4

Beasiswa

Beasiswa yang ditawarkan kepada mahasiswa meliputi beasiswa Bidikmisi dan Nonbidik Misi. Beasiswa Bidik Misi diperuntukkan bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Adapun beasiswa Nonbidik Misi diperuntukkan bagi mahasiswa berprestasi dan aktif dalam kegiatan kemahasiswaan, yang pengadaannya merupakan hasil kerjasama dengan berbagai instansi, misal beasiswa BBM, PPA, Bank BRI, Supersemar, BI, dan lain-lain.Tata cara dan perekrutannya diatur oleh universitas yang ditangani oleh bagian kemahasiswaan fakultas. Jurusan menandatangani permohonan beasiswa. Proses pengajuan dan informasi lengkap berkaitan dengan beasiswa telah diakomodasi oleh pihak universitas secara online melalui beasiswa online.

5

Kesehatan

Pelayanan terhadap mahasiswa dalam bidang kesehatan ditangani langsung oleh pihak universitas melalui Poliklinik Unnes. Jam pelayanan hari Senin-Kamis, mulai pukul 09.00-13.00 WIB dan hari Jumat 08.00-12.00 WIB.Penanganan kesehatan dilayani oleh dokter umum yang terjadwal. Selain itu, poliklinik juga melayani pemeriksaan gigi dan mulut yang ditangani langsung oleh dokter gigi. Poliklinik sudah dilengkapi dengan alat-alat medis yang lengkap. Pelayanan diberikan bagi masyarakat umum dan warga kampus, baik pengguna askes maupun nonaskes.

6

Lain-lain

Bursa KerjaMahasiswa yang sudah lulus bisa memanfaatkan bursa kerja Unnes yang dilaksanakan setelah wisuda dan diselenggarakan oleh PPLK-BK Unnes. Bursa kerja Unnes diselenggarakan bekerjasama dengan beberapa perusahaan, sekolah, dan lembaga bimbingan belajar sehingga alumni bisa memilih jenis pekerjaan yang sesuai.

 

Leave a reply