Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (PBSID) didirikan khusus untuk mendidik dan menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang siap terjun menjadi guru bahasa Indonesia di jenjang pendidikan SMP dan SMA, guru bahasa Indonesia bagi penutur asing, peneliti, praktisi, dan penulis/penyunting buku bidang Bahasa dan Sastra Indonesia.
Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (PBSID) lahir seiring dengan pisahnya FKIP Undip menjadi IKIP Yogyakarta Cabang Semarang, cikal bakal IKIP Semarang. Melihat besarnya minat untuk kuliah di PT tersebut pemerintah mengeluarkan kebijakan mengubah nama IKIP Yogyakarta Cabang Semarang menjadi IKIP Semarang pada 8 Maret 1965.
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bernaung di salah satu dari lima fakultas yang ada yaitu Fakultas Keguruan Sastra dan Seni (FKSS) yang kemudian pada tahun 1982 diubah namanya menjadi Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS). Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 124 Tahun 1999 IKIP Semarang diubah menjadi Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang peresmiannya dilakukan oleh Menteri Pendidikan Nasional pada tanggal 27 Januari 2000. Dengan perubahan ini, FPBS berubah nama menjadi Fakultas Bahasa dan Seni (FBS).
Akreditasi
A (unggul) berdasarkan SK Ban-PT Nomor: 1757/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018
Visi
Menjadi program studi yang menjunjung tinggi nilai-nilai konservasi budaya humanis dan mampu menjadi rujukan di tingkat internasional.
Misi
Gelar Lulusan
Sarjana Pendidikan (S.Pd.)
Alamat
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Gedung B1, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, Kode Pos 50229, Telepon/Faksimili 024-8508070, email: [email protected]
Website: http://indonesia.unnes.ac.id/
Jumlah dosen
Saat ini Prodi PBSI memiliki 29 dosen, terdiri atas 5 orang berjabatan akademik Guru Besar, 3 Doktor, 20 orang Magister/Master, dan 1 orang . Dari kualifikasi tersebut, pada tahun akademik 2011/2012 tercatat sebanyak 7 orang sedang menempuh pendidikan program Doktor dan sebanyak 1 orang sedang menempuh pendidikan program Magister.
Alumni
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia telah memiliki ribuan alumni yang bekerja di beberapa bidang. Selain sebagai guru dan dosen Bahasa dan Sastra Indonesia, alumni juga banyak bekerja dalam bidang pekerjaan/profesi yang lain yang masih relevan, seperti menjadi jurnalis/wartawan, praktisi bahasa, penulis/penyunting.
Kegiatan ekstrakurikuler
Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi PBSI diorganisasikan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan dibantu oleh pengelola jurusan. Kegiatan mahasiswa diklasifikasikan dalam 6 bidang, yaitu bidang Pendidikan, Bakat dan Seni, Luar Negeri, Dalam Negeri, Sosial, dan Kerohanian Islam.
Kegiatan lain yang melibatkan peran mahasiswa secara aktif, ialah ekstrakurikuler Jurnalistik, Multimedia, dan Teater dan Film. Selain melatih sikap berorganisasi, kegiatan ektrakurikuler tersebut juga merupakan aplikasi dari teori dalam mata kuliah yang diajarkan, misalnya mata kuliah Jurnalistik, Media Pembelajaran, dan Pementasan Drama.
Beberapa prestasi yang berhasil ditorehkan oleh mahasiswa ialah.
Kurikulum
Kurikulum Prodi PBSI disusun agar Prodi dapat melahirkan lulusan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai yang diharapkan (expected learning outcomes) sebagai berikut:
Berikut disajikan daftar mata kuliah dan analisis kesesuaian dengan Expected Learning Outcomes (ELO).
KODE MK (CODE) | MATA KULIAH
(Course) |
ELO | ||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | ||
15U00012 | Pendidikan Konservasi | 1 | 4 | 1 | 1 | 2 | 1 | 2 | 2 | 2 |
15U00010 | Bahasa Inggris | 1 | 4 | 1 | 1 | 2 | 3 | 2 | 3 | 2 |
15F00029 | Pengantar Ilmu Budaya | 1 | 4 | 2 | 1 | 1 | 3 | 1 | 2 | 2 |
15P00779 | Linguistik Umum | 4 | 2 | 4 | 4 | 3 | 3 | 3 | 3 | 1 |
15P00770 | Fonologi | 4 | 2 | 4 | 4 | 3 | 2 | 3 | 3 | 1 |
15P00827 | Teori Sastra | 4 | 2 | 3 | 4 | 2 | 3 | 3 | 3 | 2 |
15J00182 | Sejarah Sastra Lama | 4 | 2 | 3 | 4 | 2 | 3 | 3 | 3 | 2 |
15J00183 | Sejarah Sastra Modern | 4 | 2 | 3 | 4 | 2 | 3 | 3 | 3 | 2 |
15P00762 | Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Reseptif | 4 | 2 | 3 | 4 | 3 | 4 | 4 | 3 | 3 |
15P00761 | Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Produktif | 4 | 2 | 3 | 4 | 3 | 4 | 4 | 3 | 3 |
15U00001 | Pendidikan Agama Islam | 2 | 4 | 2 | 2 | 2 | 1 | 1 | 1 | 2 |
15U00002 | Pendidikan Agama Katholik | 2 | 4 | 2 | 2 | 2 | 1 | 1 | 1 | 2 |
15U00003 | Pendidikan Agama Kristen | 2 | 4 | 2 | 2 | 2 | 1 | 1 | 1 | 2 |
15U00004 | Pendidikan Agama Hindu | 2 | 4 | 2 | 2 | 2 | 1 | 1 | 1 | 2 |
15U00005 | Pendidikan Agama Budha | 2 | 4 | 2 | 2 | 2 | 1 | 1 | 1 | 2 |
15U00006 | Pendidikan Agama Konghucu | 2 | 4 | 2 | 2 | 2 | 1 | 1 | 1 | 2 |
15U00007 | Pendidikan Pancasila | 1 | 4 | 2 | 1 | 2 | 2 | 1 | 1 | 2 |
15U00013 | Pengantar Ilmu Pendidikan | 1 | 4 | 4 | 3 | 2 | 2 | 3 | 2 | 2 |
15J00181 | Morfologi | 4 | 4 | 4 | 4 | 2 | 3 | 3 | 3 | 2 |
15P00773 | Kajian Puisi | 4 | 4 | 4 | 4 | 2 | 3 | 3 | 3 | 3 |
15P00772 | Kajian Prosa | 4 | 4 | 4 | 4 | 2 | 3 | 3 | 3 | 3 |
15P00771 | Kajian Drama | 4 | 4 | 4 | 4 | 2 | 3 | 3 | 3 | 3 |
15P00792 | Menyimak | 4 | 4 | 4 | 4 | 2 | 3 | 4 | 3 | 3 |
15P00786 | Membaca Pemahaman | 4 | 4 | 4 | 4 | 2 | 4 | 4 | 3 | 3 |
15P00787 | Membaca Teknis | 4 | 4 | 4 | 4 | 2 | 4 | 4 | 3 | 3 |
15U00008 | Pendidikan Kewarganegaraan | 1 | 4 | 2 | 1 | 2 | 2 | 2 | 1 | 2 |
15U00014 | Psikologi Pendidikan | 1 | 4 | 3 | 4 | 2 | 2 | 3 | 2 | 1 |
15U00016 | Manajemen Sekolah | 1 | 4 | 3 | 3 | 2 | 2 | 2 | 1 | 1 |
15J00185 | Sintaksis | 4 | 2 | 4 | 4 | 2 | 3 | 3 | 3 | 3 |
15J00184 | Semantik | 4 | 2 | 4 | 4 | 2 | 3 | 3 | 3 | 3 |
15P00756 | Berbicara Publik | 4 | 2 | 4 | 4 | 3 | 4 | 4 | 3 | 3 |
15P00791 | Menulis Wacana Teknis | 4 | 2 | 4 | 4 | 3 | 4 | 4 | 3 | 3 |
15P00767 | Ekspresi Lisan Sastra | 4 | 2 | 4 | 4 | 3 | 4 | 4 | 3 | 3 |
15P00768 | Ekspresi Tulis Sastra | 4 | 2 | 4 | 4 | 3 | 4 | 4 | 3 | 3 |
15P00778 | Kurikulum Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 4 | 4 | 2 | 2 | 4 | 4 | 3 |
15U00015 | Bimbingan Konseling | 4 | 4 | 3 | 4 | 1 | 1 | 2 | 1 | 3 |
15P00801 | Pembelajaran Menyimak | 4 | 4 | 4 | 4 | 3 | 3 | 4 | 4 | 3 |
15P00796 | Pembelajaran Berbicara | 4 | 4 | 4 | 4 | 3 | 3 | 4 | 4 | 3 |
15P00799 | Pembelajaran Membaca | 4 | 4 | 4 | 4 | 3 | 3 | 4 | 4 | 3 |
15P00800 | Pembelajaran Menulis | 4 | 4 | 4 | 4 | 3 | 3 | 4 | 4 | 3 |
15P00795 | Pembelajaran Apresiasi Sastra | 4 | 4 | 4 | 4 | 3 | 3 | 4 | 4 | 3 |
15P00797 | Pembelajaran Eskpresi Lisan Sastra | 4 | 4 | 4 | 4 | 3 | 3 | 4 | 4 | 3 |
15P00798 | Pembelajaran Ekspresi Tulis Sastra | 4 | 4 | 4 | 4 | 3 | 3 | 4 | 4 | 3 |
15P00784 | Materi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia | 4 | 4 | 4 | 4 | 3 | 3 | 4 | 4 | 3 |
15P00760 | Buku Teks Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 4 | 4 | 3 | 2 | 4 | 4 | 3 |
15P00828 | Wacana | 4 | 2 | 4 | 4 | 3 | 2 | 3 | 3 | 3 |
15P00822 | Sosiolinguistik | 4 | 2 | 4 | 4 | 2 | 2 | 3 | 3 | 2 |
15P00825 | Tata Bahasa Pendidikan | 4 | 3 | 4 | 4 | 2 | 2 | 3 | 3 | 2 |
15P00755 | Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia | 4 | 2 | 4 | 4 | 3 | 3 | 2 | 4 | 2 |
15P00820 | Sastra Populer | 4 | 2 | 3 | 3 | 3 | 2 | 4 | 2 | 3 |
15P00785 | Media Pembelajaran Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia | 3 | 4 | 4 | 4 | 4 | 2 | 4 | 4 | 4 |
15P00769 | Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia | 3 | 4 | 4 | 4 | 3 | 2 | 4 | 4 | 3 |
15P00763 | Dasar-dasar Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | 3 | 2 | 2 | 4 | 2 | 1 | 2 | 2 | 2 |
15P00790 | Menulis Karya Ilmiah | 3 | 2 | 4 | 4 | 3 | 4 | 2 | 3 | 4 |
15P00819 | Psikolinguistik | 4 | 2 | 4 | 4 | 3 | 2 | 3 | 3 | 2 |
15P00811 | Pragmatik | 4 | 2 | 4 | 4 | 3 | 3 | 3 | 3 | 2 |
15P00776 | Kesantunan Berbahasa | 4 | 2 | 4 | 4 | 3 | 4 | 3 | 3 | 3 |
15P00777 | Kritik Sastra | 4 | 2 | 4 | 4 | 3 | 3 | 3 | 3 | 2 |
15P00765 | Desain Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia | 3 | 4 | 4 | 4 | 3 | 1 | 4 | 4 | 3 |
15P00802 | Pembelajaran Mikro | 3 | 4 | 4 | 4 | 2 | 2 | 4 | 4 | 2 |
15P00793 | Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | 2 | 2 | 2 | 4 | 2 | 1 | 4 | 2 | 2 |
15P00823 | Statistika Penelitian Pendidikan | 2 | 2 | 2 | 4 | 1 | 1 | 1 | 2 | 1 |
15U00017 | Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) 1 | 4 | 4 | 4 | 4 | 1 | 2 | 4 | 4 | 2 |
15U00018 | Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) 2 | 4 | 4 | 4 | 4 | 1 | 2 | 4 | 4 | 2 |
15U00019 | Kuliah Kerja Nyata (KKN) | 4 | 2 | 4 | 4 | 1 | 1 | 2 | 2 | 1 |
15P00821 | Seminar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia | 3 | 3 | 4 | 3 | 2 | 2 | 4 | 4 | 3 |
15U00021 | Skripsi | 4 | 4 | 4 | 4 | 1 | 2 | 2 | 3 | 1 |
Keterangan Kriteria
Kata Alumni
Prodi telah mampu mengantarkan saya menjadi dosen –Prof. Dr. RUSTONO, M.Hum., dosen FBS Unnes, mantan dekan FBS, dan sekarang menjabat Kaprodi S2 dan S3 Pendidikan Bahasa Indonesia, Unnes.
Dipimpin begawan-begawan prodi ini telah menghasilkan lulusan-lulusan berkarakter mantap. –MUHAMAD SAFII, Kepala SMP Negeri 1 Karangrayung Purwodadi, Guru Berprestasi tahun 2004.
Banyak hal yang saya dapatkan dari Jurusan PBSI. Bekal ilmu, pengetahuan, dan pengalaman berkegiatan dalam hal kebahasaan dan kesastraan telah menjadi modal dasar bagi saya untuk berbagi hal tersebut kepada siswa, teman-teman guru di sekolah maupun di MGMP dan mahasiswa saya di PGSD UT. Hubungan dan komunikasi yang terus terjalin dengan dosen-dosen PBSI untuk mengikuti perkembangan kebahasaan dan kesastraan semakin menguatkan saya dalam berbagai ilmu dan pengetahuan, terutama bahasa dan sastra —SEPTININGSIH, M.Pd., Kepala SMP N Bobotsari, Purbalingga.
Berlangganan informasi terbaru dari kami? Silakan daftarkan alamat email Anda..
Leave a reply